Kamis, 15 April 2010

HAL KEKAGUMAN

SUATU KISAH..
---------------
Imam hasan Al-Basri adalah seorang ulama tabi'in terkemuka di kota basrah IRAK.
Seorang ulama besar pada jamannnya.

Diceritakan ia memiliki tetangga seorang Nasrani,tetangga ini memiliki kamar kecil diloteng atas rumahnya ,atap keduanya bersambung menjadi satu,air dari kamar kecil tetangganya merembes dan menetes memasuki kamar Imam, namun beliau sabar dan tidak mempermasalahkannya sama sekali,beliau meminta istrinya meletakan wadah untuk menadah tetesan air yg jatuh dikamarnya agar tidak mengalir kemana-mana.

Selama 20 tahun hal itu terus berulang dan sang Imam tak pernah membicarakannya dengan tetangganya ia ingin benar menjalankan titah Rasullnya(Nabi Muhamad-red)dgn baik "Siapa yg beriman kepada Allah dan hari akhir maka muliakanlah tetanggamu".

Suatu hari Imam jatuh sakit dan tetangganya menjenguknya,namun didalam kamar ia mencium bau air kencing yang cukup mengganggu, lalu ia mencari cari sumbernya , Alangkah terkejutnya air itu menetes dari arah kamar kecilnya diatas loteng, dan ia memaksa Imam memberi tahu sejaK KAPAN ITU TERJADI.

Namun imam itu tak pernah mau memberi tahu,karena takut menyakiti hati tetangganya, sekali lagi tetangganya memaksa "

Imam sejak kapan engkau bersabar atas tetesan air kencing kami ini..?? karena didesak terus menerus akhirnya imam berkata bahwa hal itu terjadi sejak 20 tahun yang lalu...

Kontan tetangganya yg Nasrani itu mencium tangan sang Imam dan menangis tersedu-sedu atara Kagum dan perasaan bersalah.

( by : JOVINO HIDAYAT )

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar